Minggu, 27 April 2014

Catatan Singkat: Napak Tilas Gempita di Pulosari

Minggu kita napak tilas ke pulosari ya...

Sebuah sms masuk ke hp gue. Napak tilas? Ngapain? Pasti naik gunung! Emang udah ada persiapan? Ah, gue malas, gak biasa. Sebenarnya pengen sih tapi rada ragu, secara ini gunung. Gue kan belum pernah naik gunung, paling banter naik bukit, itupun waktu hiking ketika SMP. 

Alhasil dengan keraguan gue bilang ikut, tapi cuman 50 % . Abis itu gue konfirm lagi gak judi ikut. Eh, sebelum hari H gue langsung ditelfon.

“Pokoknya lo harus ikut! Kita gak naik gunung kok, cuma jalan-jalan doang!” suara Shinta langsung membangunkan gue. Padahal gue lagi enak-enaknya tidur.

“Oke… oke… gue ikut? Bawa apa aja?”

“Gak usah bawa apa-apa, bawa diri lo aja!” Shinta menutup telfon
***
Gue berangkat. Pake jeans plus sendal balet. Tadinya gue mau pake rok, tapi karena roknya gak matching sama baju, gue jadinya pake jeans aja.

Pas sampe di Untirta, gue kaget banget. Semua teman-teman pada pake sepatu cat dan bawa ransel coba. Gue doang yang dandan kayak mau ke Mall. Suci lebih parah lagi, pakai high heels, dan Izur pakai gamis. Astaga naga, gue dibohongin sama si Shinta! Bukan gue doang sih, tapi beberapa orang.

Percuma aja si Shinta kita omelin, sampe mulut kita-kita berbusa, dia cuman cengengesan doang. Akhirnya berangkatlah kita dengan satu mobil APV yang diisi oleh sembilan orang. Sedangkan yang lain pake motor─ada tiga motor.

dimulailah perjalanan ke Pulosari, Pandeglang, Banten.

Rencana awal berangkat pukul tujuh teng. Tapi karena ada beberapa hal, jadinya kita berangkat pukul setengah sembilang. Perjalanan 90 menit. Nyampe di lokasi pukul sepuluh. Kita kumpul sejenak untuk berdoa, setelah itu baru naik.

Gue udah sedikit was-was tuh pas mau naik, pasalnya gue terpaksa, mau gak mau gue harus ikut.

“Kita cuma sampai Curug kok.” Kata Shinta.

“Tenang aja… dekat kok.” Lanjutnya. 

Akhirnya gue pasrah. Naik sedikit demi sedikit. Perlahan-lahan menapaki batu, agar sepatu gue gak copot. 

Baru beberapa langkah, gue udah ngos-ngosan. 

“Udah, duduk dulu aja deh!” gue selonjoran di batu.

“Kenapa Nel, masih kuat?” tanya Shinta, antara cemas dan prihatin.

“Lo sih, bohongin gue! Udah gue bilang, gue gak mau naik gunung.” 

“Udah, sini pegangan ke tangan gue. Jangan sampai pingsan ya!” pintanya.

Gue ngelanjutin pendakian dengan posisi gue berada di paling akhir rombongan. Aduh, jalannya nanjak banget. Gue duduk lagi. Empat orang teman gue menunggui, sementara Shinta udah lanjut ke atas.

Gue benar-benar gak kuat ni, sampai gue mual. Muka gue pucat, keringat dingin bercucuran, dan badan gue menggigil. Tiba-tiba dingin banget. Gue langsung memakai jaket di tas─untung bawa jaket Gempita.

“Nelvi sampai mual tu, gimana?”

“Gue ada enervon C ni, buat nambah tenaga. Nelvi mau gak?” gue cuma bisa menggeleng, di saat seperti ini, gak bakalan ada yang bisa masuk ke mulut gue, kondisinya sama dengan mabuk naik bus ke Padang.

“Ada yang mau anterin Nelvi turun gak?”

“Masalahnya kalau turun, sama aja susahnya.” Teman gue berdebat di belakang.

“Nelvi, masih kuat gak?” Gue melambaikan tangan, gue mau turun aja, atau gak… tinggalin gue di sini.

“Ih, jangen geh, kasihan. Nanti kalau ada cowok yang naik gimana!”

Akhirnya mereka menemani. 

“Biasa itu, kalau pertama naik gunung wajar aja. Gak pa-pa, pelan-pelan aja! Mau istirahat 30 menit, kita temani kok.” Ah, kalian benar-benar sahabat yang baik. Guenya yang gak enak, ngerepotin.

Setelah dirasa kuat, gue ngajak mereka untuk lanjut. Pai menjelaskan, kalau naik gunung itu jalannya jangan bungkuk, harus tegak, biar gak gampang capek. Trus, kalau pernapasannya diatur, janganm boros. Gue menuruti, dan finally… gue sampai di curug walaupun terseok-seok. Jam sudah menunjukkan pukul dua belas. Hah, gue menghabiskan waktu 90 menit untuk sampai curug!

Terbayar sudah capek gue dengan air terjun yang eksotis. Saatnya makan… abis itu foto-foto. Yang nyampai duluan mah, udah selesai mandi! Mereka prepare banget, bawa baju ganti. Gue cuma bawa jaket dan sebotol minuman doang, dan gue gak mandi.

Pukul satu kita turun lagi ke bawah, kita berselisih dengan beberapa orang yang mau naik─jam segini ternyata masih ada yang mau naik. 

Kita sampai di bawah pukul dua. Kita ngumpul lagi, dan evaluasi sebentar, membahas… Gempita kedepannya mau gimana. Pukul setengah empat kita pulang, dan nyampai di Serang pukul lima.

Over all, perjalanan ini menyenangkan walaupun di awal gue ngedumel, nyalah-nyalahin Shinta. Hehe…
Terima kasih untuk hari ini sahabat-sahabatku, you all are my family! :) Gempita... ganbatte! (y)

Serang, 27 April 2014.
*tulisan dengan EYD acak-adut, maklum...baru pulang, langsung nulis. So, tulis aja, apa yang ada di pikiran gue. *_^

Galeri Foto:
Sebelum berangkat pose dulu... :D
Parkir
Dan berdoa.
Mulai naik...
Naik...
Dan terus naik...
Ni siapa ya.. yang gandengan? :D
Di tengah perjalanan...
Ye... sampai!
Ada monyet nakal nih, dijewer aja! :D
Makan-makan...
At Curug
Hati-hati, licin!
Mana fotonya?
Di bawah rinai air :)
Pulang
Foto-foto yang lainnya menyusul....

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design