Minggu, 25 Januari 2015

Faedah Makan Pakai Tangan

Sudah lama saya ingin menulis postingan ini tapi selalu tertunda. Ok, langsung saja. Apakah kamu termasuk orang yang suka makan pakai tangan tanpa perantara sendok? Saya termasuk salah satunya. Tentunya untuk beberapa jenis makanan, yang pastinya makanan yang tidak berkuah. Makan nasi misalnya.

Beberapa orang bilang, makan pakai tangan itu lebih mengenyangkan daripada makan pakai sendok. Ini kata orang-orang yang suka makan pakai tangan. Tapi ada beberapa orang yang gak suka/ gak terbiasa makan pakai tangan, seperti keponakan saya. Waktu itu ia melihat saya makan pakai tangan, dan ia berkomentar.
"Ma, kenapa orang Padang suka makan pakai tangan?" Ia bertanya pada Mamanya. Rupanya keponakan saya yang baru kelas VI SD itu, selain sering melihat saya makan pakai tangan, juga sering melihat Kakeknya makan pakai tangan.

Kakeknya lalu menjelaskan, "Makan pakai tangan itu lebih sehat daripada makan pakai sendok. Sebab tangan kita hanya kita sendiri yang menggunakan, sedangkan sendok bisa dipakai buat semua orang!" Begitulah kurang lebih penjelasan Kakeknya.

Foto: dok.pri


Usut punya usut, saya setuju juga dengan pendapat si Kakek. Berikut beberapa faedah makan pakai tangan:

1. Tangan Memiliki Enzim Khusus

Tangan mengandung enzim RNAase yang  berfungsi untuk kekebalan tubuh kita dan proteksi terhadap bakteri. Enzim ini selalu disekresikan. Ketika tangan kamu kotor, enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase.

2.    Tangan Lebih Peka Terhadap Bakteri

Termasuk masih menempelnya bakteri yang membahayakan tubuh sebab bakteri tidak sepenuhnya merugikan. Ketika kamu makan dengan sendok, bakteri yang membahayakan tersebut akan masuk ke dalam tubuh tanpa adanya perlawanan dari enzim RNAase. Lalu bagaimana dengan pemakaian cairan pembersih ? Tidak apa apa, sebab sistem kerjanya adalah merusak lapisan membran terluar pada bakteri sehingga bakteri akan lebih nonactive.

3.    Tangan Memiliki Saraf yang Terhbung Langsung ke Otak

Tangan memiliki saraf yang langsung terhubung pada otak. Ujung-ujung pada saraf jari-jari kamu akan bisa merasakan suhu dan juga tekstur makanan sehingga bisa mempersiapkan otak kamu untuk lebih siap menerima makanan yang akan masuk dalam tubuh.

4.    Tangan adalah Perantara Hati Anda Saat Makan

Kamu akan lebih menikmati menu yang sedang kamu nikmati. Selain itu kamu juga akan lebih sadar dengan apa yang masuk dalam mulut kamu dan bisa mengontrolnya. Bagi kamu yang sedang melaksanakan diet makan dengan tangan ini akan membantu program kamu
Itulah beberapa faedah makan pakai tangan. Semoga postingan seerhana ini bermanfaat. :)
Referensi: .http://www.lintas-kesehatan.com/2014/09/4-manfaat-makan-dengan-tangan.html

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design