Selasa, 21 Oktober 2014

Kisah Sukses Para Peraih Skor Toefl Tertinggi



Berhubung sekarang saya lagi semangat-semangatnya buat belajar toefl, maka kali ini saya akan memposting tentang kisah sukses para peraih skor toefl tertinggi, mungkin lebih tepatnya persiapan menghadapi tes toefl, suka, duka, usaha, dan sebagainya. Kisah ini saya ambil dari beberapa blog, semoga kisah ini menginspirasi! :)

Saya sendiri belum memiliki banyak pengalaman mengikuti ujian TOEFL. Nilai TOEFL saya pun belum mencapai angka 550. Namun, kali ini saya akan memberi sedikit tips untuk bisa sukses saat ujian TOEFL. Tips-tips ini saya buat berdasarkan pelajaran yang saya ambil dari (banyak) kesalahan yang saya buat ketika menjalani tes.

Pertama, menyiapkan mental dan fisik.
Setidaknya seminggu sebelum tanggal tes, fisik kita harus dalam keadaan bugar dan sehat. Asupan makanan yang baik dan tidur yang cukup akan membantu kita melaksanakan ujian dengan lancar. Juga, banyak-banyak berdoa biar bisa lebih tenang dan percaya diri.

Kedua, pasang target.
Siapkan selembar kertas. Tulis tanggal ujian dan juga target nilai TOEFL yang ingin dicapai. Setelah itu tempel di tempat yang strategis dan bisa kita lihat setiap harinya.

Ketiga, latihan secara maraton.
Artinya, benar-benar latihan komplit satu paket. Misalnya, dalam ujian TOEFL-ITP ada tiga bagian: Listening, Structure, Reading. Ujian dilaksanakan selaman dua jam dengan menyelesaikan 140 soal. Setidaknya selama sebulan sebelum waktu ujian, kita harus rutin latihan setiap hari. Menurut saya, yang paling pas adalah melakukan latihan seolah-olah kita sedang melaksanakan ujian TOEFL yang sesungguhnya. Jadi, setidaknya dalam satu hari kita sisihkan waktu dua jam untuk mengerjakan soal TOEFL yang mencakup ketiga bagian. Ini bisa lebih efektif daripada harus membagi-baginya, misalnya hari pertama belajar listening, hari kedua belajar grammar, hari ketiga baru belajar reading, dst. Jadi, benar-benar latihan secara maraton biar tidak kaget saat ujian. Dalam ujian TOEFL, kita tidak hanya harus bisa menyelesaikan semua soal dengan jawaban yang benar dan tepat tetapi juga berlomba dengan waktu.

Keempat, cari tahu kelemahan kita.
Kelemahan saya adalah tidak bisa fokus dalam jangka waktu yang cukup lama. Sewaktu mengerjakan soal listening, saya sering tiba-tiba merasa blank karena kehilangan fokus selama beberapa detik. Untuk menyiasatinya kadang saya menunduk dan memandang satu titik dan benar-benar memasang telinga untuk mendengar dengan baik. Jika memang kita lemah di bagian Structure, kita tidak boleh lelah untuk terus berlatih dan mengulang-ulang konsep dasar grammar.

Kelima, cari tahu trik menyelesaikan soal Listening.
Sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya, bisa berhasil dan bisa juga tidak untuk orang lain. Saya lebih memilih untuk mendengar dengan seksama percakapan atau narasi yang diputar terlebih dahulu. Baru ketika diberi pertanyaan, saya langsung membaca cepat pilihan jawaban dan memilih satu yang tepat. Yang paling merepotkan adalah ketika ragu memilih jawaban karena ini akan mengulur waktu dan kita bisa-bisa ketinggalan untuk mendengar percakapan untuk soal yang berikutnya. Singkatnya, fokus mendengar baru membaca pilihan jawaban yang tersedia. Untuk narasi yang panjang, selalu ingat poin-poin pentingnya. Karena saya termasuk tipe visual, saya lebih mudah mengingat sesuatu saat menuliskannya. Sayangnya, saat mengikuti ujian TOEFL-ITP, tidak diperkenankan untuk mencoret-coret lembar soal (sepertinya saya harus membawa selembar kertas kosong untuk  menyiasatinya).

Keenam, cari tahu trik menyelesaikan soal Structure.
Sejujurnya, ini bagian yang saya suka, hehe. Tidak perlu repot-repot, cukup mengenali bagian mana yang error. Terdengar mudah? Memang. Tapi, cukup membuat kepala pusing. 40 soal diselesaikan dalam waktu 25 menit. Jadi, kita harus benar-benar bisa membaca dengan cepat, mencari tahu bagian yang error secepat mungkin. Memahami aturan-aturan dasar grammar sangatlah penting. Bisa membedakan mana adverb, adjective, verb, dsb dengan baik sangat diperlukan. Kejelian kita juga benar-benar diuji karena kadang kita merasa tidak ada yang salah dalam sebuah kalimat tersebut. Perhatikan keparalelan kalimat, tanda titik dan koma, penggunaan kata yang tidak berlebihan, penggunaan tense yang tepat, dsb.

Ketujuh, cari tahu cara yang paling nyaman dalam menyelesaikan soal Reading.
Sebenarnya ini bagian yang terlihat lebih mudah daripada Listening dan Structure. Namun, kita harus bisa benar-benar menghilangkan rasa bosan ketika membaca bacaan yang cukup panjang dengan topik yang kadang tidak terlalu familiar. Jika kita sudah terbiasa membaca buku berbahasa Inggris, kita bisa mengerjakan soal Reading ini dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul, antara lain: topik utama tulisan, persamaan kata, pembahasan yang tidak tercantum dalam paragraf tertentu, dan pola paragraf.

Saya sendiri sering stuck saat menjawab persamaan kata. Hingga saya pun menyimpulkan jika memang tidak tahu arti sebuah kata, maka lihat pilihan jawaban yang tersedia. Salah satu contohnya, saya pernah mendapat soal tentang persamaan kata Prominent. Di pilihan jawaban ada dua jawaban yang artinya hampir mirip yaitu Appealing dan Noticeable. Jadi, bisa dipastikan jawaban yang benar adalah diantara kedua kata tersebut.
Secara garis besar, kita harus bisa benar-benar bertahan dan fokus saat mengikuti ujian. Usir jauh rasa takut tentang nilai yang tak mencapai target dan lupakan masalah-masalah yang ada untuk sejenak. Salah satu hal yang penting lagi adalah tidak terlalu mengkhawatirkan waktu yang tersisa tetapi tetap fokus menyelesaikan soal sebaik mungkin. Saya sering bolak-balik mengecek jam untuk memastikan berapa waktu yang tersisa. Hal ini ternyata cukup mengganggu karena malah menambah rasa gusar dan tidak bisa fokus mengerjakan soal.

Sumber:  http://carakata.wordpress.com/2012/10/10/sukses-ujian-toefl/


Panduan Lancar Bahasa Inggris: Rahasia Saya Dapat Nilai TOEFL 534 Tanpa Belajar

Bahasa Inggris saya sebenarnya tidak bagus. Bahkan di kelas Bahasa Inggris, — tingkat kesulitan sedikit di atas level SMA & wajib untuk semua mahasiswa tahun pertama — saya cuma dapat B minus.

Yang tengah, yang merusak.
Saat nilai keluar, tidak terlalu kaget sih. Polanya sudah terbaca kok sejak SMP. Entah mengapa saya selalu kesulitan untuk mengikuti pelajaran formal bahasa Inggris di kelas.
16 Tenses? Pertama kali saya sadar bahwa semester depan saya akan lupa lagi itu tenses, saya langsung hilang semangat untuk belajar hal-hal macam itu.
Dan hidup-pun terus berlanjut.
Kira-kira dua tahun setelah nilai B- itu (tahun ketiga perkuliahan saya). Keluar lagi nilai lain. Kali ini saya tersentak.
Nilai itu adalah nilai TOEFL ITP. Kebetulan sedang ada rezeki tidak terduga, saya habiskan hampir semuanya untuk biaya tes TOEFL. Langsung daftar. Dan setelah itu sengaja tidak belajar apa-apa. Ikut tes karena penasaran saja. Toh sedang tidak dikejar target apa-apa waktu itu.
Dan voila! 534, itu nilai TOEFL saya. Bukan nilai yang 'wah' sebenarnya. Butuh 16 poin lagi untuk jadi standar minimum beasiswa S2 rumpun sains di US. Tapi perlu digarisbawahi. Saya tanpa persiapaan sama sekali. Saya yakin, kalau ditambah persiapan intensif minimal satu bulan sebelumnya, saya bisa tembus 600.
Terkejut. Namun setelah merenung sebentar, membayangkan rutinitas hidup yang berubah semasa di kampus, saya mengerti dan tersenyum.

Selama Ini Sebenarnya Saya 'Tidak Sengaja' Belajar Bahasa Inggris. Ada tiga berkah, yang untuk mahasiswa zaman saya biasanya baru didapat saat kuliah: laptop, internet berkecepatan tinggi, dan waktu luang. Tiga hal inilah yang bertanggung jawab membuat generasi saya bisa lancar berbahasa Inggris tanpa perlu repot-repot belajar.
Sebelum kuliah, saya memang sudah seorang penggila grup-grup musik rock mancanegara. Alhasil, hobi pertama saya di kampus adalah nonton & download konser musik. Meski saya bukan tipe pemerhati lirik lagu. Tanpa saya sadari saat itu, internet kencang di kampus telah membuat jam terbang kuping saya jadi makin meningkat dalam mendengar kata-kata bahasa Inggris.
Atas dasar pengaruh teman dan jenuhnya perkuliahaan, tahun ke dua kuliah saya resmi jadi pecandu serial TV Amerika. Untuk pertama kalinya merasakan nonton dengan teks berbahasa Inggris. Aneh sih awalnya. Seumur hidup kan nonton film berbahasa Inggris dengan teks bahasa Indonesia. Tapi lama-lama jadi terbiasa. Waktu itu saya belum sadar, kalau sebenarnya saya sedang ditempa untuk cepat 'memahami' lewat konteks & bahasa tubuh, sebagaimana cara bayi belajar bahasa ibunya. Wawasan bahasa Inggris saya juga jadi jauh pesat berkembang. Hal itu karena yang digunakan di serial TV adalah memang percakapan sehari-hari di sana.
Di season 5 serial Dr. House, saya iseng coba nonton tanpa bantuan teks. Dan berhasil. Wah, bangganya bukan main waktu itu. Karena dengan begitu, kurang lebih bisa dibilang saya sudah bisa dilepas sendirian di Amerika sana.
Pernah juga saat berkunjung ke ruang dosen, saya kebetulan melihat novel Dan Brown yang belum saya baca. Spontan saya minta izin meminjam. Padahal setelah saya pegang novelnya baru sadar kalau itu versi asli bahasa Inggris-nya. Sekedar info saja, waktu itu belum ada satupun buku berbahasa Inggris yang sukses saya tamat baca. Dan yang ada di pikiran saya waktu itu hanyalah betapa serunya itu novel yang saya pegang. Setelah sukses menamatkan novel tersebut, saya baru cari-cari ebook bahasa Inggris yang seru-seru.

"Ah, terang saja jadi jago. Itu semua 'kan latihan bahasa Inggris sebenarnya." Iya, mungkin segala rangkaian pengalaman saya ini bisa disebut sebagai persiapan. Dianggap sebagai belajar.
Tapi saya sendiri tidak menganggapnya demikian. Kenapa? Karena saya tidak pernah punya niat untuk belajar, untuk menyiapkan sesuatu. Niat saya dari awal hanyalah untuk senang-senang. Senang-senang saja bisa 534. Apalagi kalau sedikit saya serius. Hahaha.
Dari kisah hidup saya di atas, berikut hal-hal yang saya petik...
Cara Terbaik untuk Belajar, Adalah Dengan Melakukannya. Mau bisa menulis? Ya menulis. Mau bisa bicara di depan umum? Ya bicara di depan umum. Mau bisa dekati cewek? Ya dekati cewek. Mau bisa mengerti bahasa Inggris? Ya dengar/baca bahasa Inggris. Mau bisa berbahasa Inggris? Ya bicara/tulis dengan bahasa Inggris. Kita tidak butuh diajari, kita butuh untuk melakukan.


Cara Terbaik untuk Melakukan Sesuatu, Adalah dengan Terus (Senang Hati) Melakukannya. Ada yang bilang 10.000 jam terbang cukup untuk membuat siapapun jadi pakar di bidang apapun. Bagi saya, tidak perlu sampai 10.000 jam. Coba lakukan satu hal dengan intens, 1000 jam saja. Kamu pasti sudah cukup mencuat dari permukaan, dan mendapat titel 'jago'. Kenapa? Karena tidak semua orang tahan untuk intens berusaha, bahkan hanya untuk 1000 jam. Untuk konsisten, dibutuhkan disiplin, atau bisa juga rasa cinta yang tinggi terhadap kegiatan tersebut. Yang mana contohnya ada di poin setelah ini...

Sumber: http://rizkysyaiful.com/lancar-bahasa-inggris-tanpa-belajar

7 komentar:

Mediyan Rahmad Saputra mengatakan...

inspiratif blognya,
jika berkenan, bisa share e book atau buku belajar toeflnya lewat email
medysneu@gmail.com

salam kenal, see u on top

Mediyan Rahmad Saputra mengatakan...

inspiratif

Little Dreamer mengatakan...

inspiratif bgt ukh :) aku baru baca :D

Little Dreamer mengatakan...

inspiratif bgt ukh :) aku baru baca :D

danieltoefl mengatakan...

Jasa Urus Sertifikat TOEFL & Ijasah TERPERCAYA - Tanpa Tes,Asli,Legal,Murah csdokumen
SERTIFIKAT TOEFL (LIA/ILP/EF/ELTI/ITP/IBT,DLL) ASLI DAN TERMURAH..
dijamin kerahasiaan dan keaslian 100%?!!
sertifikat toefl,dll DIJAMIN 100% AMAN DAN DAPAT DIGUNAKAN UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN SEPERTI: daftar cpns, kuliah, beasiswa luar negeri, kerja dll,...

*************
TOEFL
*************

- ILP
- ITP
- IELTS
- TOEIC
- TBI
- INLINGUA
- ENGLISH FIRST / EF

*************
IJASAH
*************

- SMA
- S1
- S2

*************************
SURAT DOKTER
*************************

-----------------------
RUMAH SAKIT
-----------------------

- SILOAM KEBON JERUK
- PREMIER JATINEGARA
- PURI INDAH

------------------------
SUDOK KLINIK
------------------------
- JABODETABEK


Di atas itu masa berlaku toefl dan ijasah yang saya jual
proses sehari jadi.

Untuk harga bisa pm saya :

Contact Person :

HP : 08128866998 (CALL/SMS/WA)
BBM : D81DEF89
Blog : Danieltoefl.blogspot.com

----> HANYA 1 NOMOR INI DAN BBM INI SAJA

Cara Order: Anda Isi Data : Nama lengkap, tempat tanggal lahir, score, tanggal test dan alamat kirim.

Jasa Pembuatan Sertifikat TOEFL dengan detail sebagai berikut :
- Tanpa tes / skor semaunya atau bisa di tentukan
- 100% ASLI
- Aman dan Cepat

bisa untuk melamar kerja, swasta, BUMN/BUMD, CPNS
atau apply beasiswa, magister, doktor, dalam dan luar negeri,
syarat wisuda, sidang skripsi/thesis dan lain2

danieltoefl mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Jasa Pembuatan Sertifikat Toefl mengatakan...

Haloo agan2 sekaliannn Di sini kita menyediakan Sertifikat TOEFL IELTS ITP PBT EF LIA ILP ELTI IES UI TBI Asli Original Dan Bergaransi

Jumpa lagi dengan ane Abidin Seto. Jasa pembuatan sertifikat TOEFL IELTS Ijazah Terpercaya.
Yang sudah berpengalam di bidang ini hampir 4 tahun lebih..
Naah di sini ane mau buktiin nihh kalo Abidin Seto sudah tidak di ragukan lagi untuk pembuatan TOEFL IELTS ataupun IJAZAH...
Dalam hal ini kami menyiapkan lembaga2 yang sudah terpercaya dalam Institusinya..

Pertanyaan yang sudah biasa costmer tanyakan pasti apakah Sertifikat yang kita urus ini asli original atau enga???
Tenang aja embak dan masbroo sekaliann.. Di sini saya menjamin bahwa sertifikat yang kita urus ini 100% Asli Original dan bukan Hasil fotocopyan ataupun Editan yaah masbrooo..
Biasa yang costmer tanyakan itu mreka meragukan apakah sertifikat ini bener" asli original apa enga..
Saya sendiri bisa membuktikan bahwa yg masbro dan embak" beli sertifikat ini 100% original hehehehe
Di liat dari mana tuh masbro asli originalnya??? cukup di lihat dari Legalisir dan Hasil copyan dia sudah Watermark dan Tembus UV..

Naah bagaimana kita meyakinkan anda sekalian bahwa sertifikat yg masbro sekalian bener2 sampai di tanggan atau enga..
Karna sekarang kan lagi banyak kasus penipuan setelah melakukan pembayaran oleh costmer malah barangnya ga sampe" tuh..
Saya bisa kasi liat Testimoni chat Costmer saya atau Bisa lihat bukti Nomor Resi pengiriman saya, ataupun Contoh sertifikat yang sudah saya uruss..

Untuk Scorsnya pasti masbro sekalian penasaran kan kita bisa buat berapa??
SCORS BEBAS (alias berapa aja kita bisa buatkan) semua tergantung costmer maunya gimana kita buatkan semaksimal mungkinn hehehe

Untuk pengiriman Luar jakarta pun bisa kita bantu.. mau itu ke papua pun bisaa asal alamat tujuan itu lengkap dan kode pos daerah anda sesuai..

Jangka waktu pengerjaan pun kita maksimalkan 1x24 jam siap..
Untuk yang keperluan mendadak kita bisa bantu Scan kan dulu sertifikatnya agar masbro sekalian bisa daftarkan keperluan masbro sekalian..

Adapun dalam hal ini kita Garansi kalo emang ada kesalahan pembuatan dari kita..
Tidak di pungut biaya apapun (Kalo ada kesalahan pembuatan dari kita yah ehhehe)
InsyaAllah kita buat yang terbaik untuk masbro sekalian

Jadi untuk lebih detailnya bisa contac saya langsung aja ya masbrooo

No HP / WA : 082168610824
Pin BB : D43AA9E0
Email : Abidin.Seto15@gmail.com

Kunjungi Web Blogger kita yahh untuk melihat contoh sertifikat yg sudah saya urus
http://sertifikattoeflieltsindonesia.blogspot.co.id/2016/12/jasa-pembuatan-sertifikat-toefl-dan.html
http://jasasertifikattoefl.blogspot.co.id/
http://abidinsetotoeflieltsindonesia.blogspot.co.id/

Thx and Best Regards By : Abidin Seto TOEFL

Anda Puas Beritahu Teman..
Anda Kurang Puas Beritahu Kami!!

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design