Rabu, 01 Oktober 2014

PKMM: Izinkan Kami Mengabdi Kepada Masyarakat!

PKMM (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat) tentu sudah tak asing lagi dikalangan mahasiswa, karena program ini memang diperuntukan untuk mahasiswa. Mahasiswa dari seluruh tanah air berlomba-lomba untuk mengikuti kegiatan ini, apalagi bagi mereka yang suka menulis dan mempunyai jiwa sosial tinggi.

PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) merupakan pengembangan dari program KAM (Karya Alternatif Mahasiswa) yang dicetuskan pada tahun 1997, yang pada waktu itu tercetus karena adanya kesenjangan teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat dan munculnya tuntutan masyarakat atas mutu lulusan Perguruan Tinggi yang mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa. Pada tahun 2001 KAM berkembang menjadi PKM. Sementara PKMM merupakan salah satu dari 5 bidang PKM yang pendaftaran sedang dibuka saat ini, 4 PKM lainnya adalah PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Ada 2 PKM lagi yaitu, PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dandan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Untuk mahasiswa dengan basic kependidikan seperti saya dan teman-teman, PKMM sangat cocok bagi kami. Kami selalu berusaha mengikuti program dari DIKTI yang dihelat sekali dalam setahun ini. Lalu kenapa kami tertarik untuk mengikuti program ini? karena kami merasa lebih tertantang. Ada hal luar biasa yang kami peroleh selain mengabdi kepada masyarakat. Ujian kesabaran, ketangguhan, dan segala macamnya, adalah hal kecil yang tidak bisa kami abaikan. Kami di sini satu kelompok, dengan kepala yang berbeda-beda, kami harus menyatukan visi dan misi.  Kami mempunyai tujuan yang sama, yaitu membantu Pemerintah mensejahterakan masyarakat. Dan tidak semua orang diberi kesempatan untuk itu.

Kami tak cukup mempunyai gagasan/ide yang cemerlang, kami harus mampu menuangkan gagasan tersebut dalam bentul proposal. Melalui proposal inilah kami akan diseleksi, siapakah yang berhak mendapatakan hibah dari Dikti untuk melaksanakan programnya. Proposal PKM ini akan kami upload di web Dikti, namun tak mudah melakukan proses penguplodan. Sehari sebelum pasca penutupan proses penguplodan, 28 September, pengunjung situs mencapai 3.000an. Wow! Tentunya hal ini membuat jaringan lelet, dan susah untuk log in, apa lagi melakukan proses penguplodan. Hal ini tentu membuat saya khawatir, hingga tercetuslah kalimat dijudul ini: Izinkan Kami Mengabdi Kepada Masyarakat! Pasalnya, jika proposal kami tak berhasil diupload, sudah bisa dipastikan kami tak memiliki kesempatan untuk mengabdi, melaksanakan program yang telah dirancang.

Sebagian teman berfikir, mungkin jika penguplodan proposal dilakukan tengah malam, akan lancar, karena pengunjung situs kemungkinan sedikit. Saya juga berpikiran seperti itu, jadilah saya begadang malam itu. Mulai jam 10 malam saya sudah berkutat di depan laptop melakukan proses penguplodan. Tapi apa hasilnya? Gak bisa-bisa hingga jam 2 dini hari. Padahal pengunjung situs sudah berkurang dari 600 orang menjadi 300 orang. Tapi tetap saja tidak bisa, alhasil saya memilih untuk tidur, dan melakukan proses penguplodan lagi pikul 7 pagi. 

Dengan dibantu oleh seorang teman, kami terseok-seok melakukan pengisian data. Namun pada akhirnya proposal PKM kami berhasil diupload pada hari itu tanggal 26 September. Done! satu PKM terselesaikan. Namun masih ada satu PKM lagi yang menunggu, yaitu PKMP, yang saya buat bersama kakak tingkat, dan saya berstatus sebagai anggota. Sementara di PKMM saya berstatus sebagai ketua. 

PKMP diselesaikan dalam waktu yang sangat mepet, yaitu sore hari pada tanggal 28. Sementara kabarnya, pukul 23.59 proses penguploadan akan ditutup. Kami harus bersaing dengan 3000 pengunjung situs lainnya dalam waktu beberapoa jam ini. Dengan terus merapal doa, kami berharap, semoga proses penguplodan PKM akan diperpanjang, karena akan banyak yang tersingkir kiranya jika benar-benar proses penguplodan akan ditutup pada hari itu.

Ternyata Dikti mendengar suara hati kami, sampai saat ini masih diberi kesempatan untuk penguplodan proposal bagi kelompok yang belum melakukan proses upload. Dan kelompok PKMP saya baru saja menyelesaikan proses upload pukul 1 dini hari tadi. Sekarang kami tinggal menunggu hasilnya, semoga apa yang kami usahakan berhasil, dan dapat memberikan manfaat untuk semuanya. Dan bagi teman-teman yang belum menyelesaikan proses upload masih diberi waktu dalam batas yang tidak ditentukan.

Salam Semangat, Menuju Pimnas.






0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design