Jumat, 27 Januari 2017

Tes Seleksi Masuk Untuk Menjadi Guru di Sekolah Swasta


Maksud saya menulis postingan ini hanya untuk sekedar sharing saja, mengingat saya baru lulus kuliah dan memasuki dunia kerja. Barangkali ada teman-teman yang sedang mencari pekerjaan atau mempersiapkan diri menghadapi tes setelah mendapat panggilan dan butuh informasi ... karena jurusan saya Penddikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), makanya saya ingin sharing tentang seleksi masuk untuk  menjadi guru di sekolah swasta (terkhususnya di kota Bandung) berdasarkan pengalaman saya sendiri. Langsung saja ....



1. Wawancara
Waktu itu saya wawancara dalam bahasa Inggris. Hal yang ditanyakan dalam wawancara adalah seputar pendidikan (kurikulum, metode pembelajaran, karakter guru profesional, dll.) serta sallary (gaji). Ada 2 orang pewawancara dengan meja terpisah. Di meja satunya lagi khusus untuk mengetes wawasan keIslaman saya (bacaan Al Quran,  Tahfidz/hafalahn surat-surat, hafalan hadist, hafalan doa sehari-hari, dll.)

2. Microteaching (Tes Mengajar)
Kalau bisa microteachingnya dalam bahasa Inggris kata Kepala Sekolahnya. Microteaching langsung dihadapan anak. Waktu saya micoteaching diamati/dinilai oleh 3 orang pengamat (Ketua Yayasan, Kepala Seolah, dan Guru Kelas). Selain guru kelas bisa juga diamati oleh Koordinator Level (Korlev). Tema dan Level/Kelas untuk microteaching ditentukan dari sekolah. Waktu microteaching biasanya 1 jam pelajaran.

3. Psikotest
Untuk standar psikotest berbeda-beda setiap sekolah, ada sekolah yang menerapkan standar perusahaan. Yang paling susah ditebak adalah hasil psikotest ini. Nanti akan saya buat postingan khusus tentang psikotest ini dan tips and trik dalam menghadapi psikotest.

Sekian dulu dari saya :)
*Nb: standar untuk tes seleksi masuk setiap sekolah berbeda-beda, hal yang saya sharingkan di atas gak mutlak, semakin bagus sekolahnya, semakin tinggi standarnya.

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design