Sabtu, 28 Januari 2017

Agama dan Akhlaknya (Dalam Memilih Calon Pasangan)

Orang yang baik agamanya belum tentu baik akhlaknya, dan orang yang baik akhlaknya belum tentu baik agamanya. Karena agama dan akhlak adalah dua hal yang berbeda. Begitu yang saya pahami akhirnya dari ceramah Ustadz dan penjelasan beberapa orang teman. Mungkin sebagian kita pernah berkomentar, "Ih dia kerudungnya panjang ... tapi kok masih pacaran!" Atau komentar yang senada lainnya. 

Padahal kita seharusnya tahu, panjangnya kerudung tak ada hubungannya dengan hal itu semua. Ibadah seseorang adalah perihal agamanya, dan tingkah laku seseorang adalah perihal akhlaknya. Makanya dalam ceramah ustadz yang saya dengar, jika ingin mengetahui akhlak seseorang, tanyakan pada lingkungan tempat kerjanya. Dan jika ingin melihat agamanya datanglah ke masjid atau majelis ilmu. Karena seseorang akan cenderung baik jika berada di tempat yang baik. Intinya begini, kita tidak bisa menyalahkan agama seseorang ketika melihat akhlaknya buruk. Dan SEHARUSNYA orang yang baik Agamanya juga baik akhlaknya.

Jadi jika ingin memilih calon pasangan, pastikan yang baik AGAMAnya dan juga AKHLAKnya. Semoga dapat dipahami penjelasan singkat ini. :)

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design