Sabtu, 28 Januari 2017

Tentang Pengendalian Diri

Perihal pengendalian diri, saya mungkin bukan orang yang pantas untuk berbicara hal ini karena saya sendiri juga masih belajar. Tapi tak ada salahnya kan sebagai manusia kita saling mengingatkan. 

Hal yang saya maksud dengan pengendalian diri adalah bagaimana mengendalikan diri ketika emosi. Terkadang kita suka ngomel gak jelas ketika marah dan mengumbarnya di sosmed, emosi gak terkontrol. Saya berusaha sebisa mungkin menahan diri untuk hal ini. Bukannya apa-apa, saya merasa malu kalau ada kata-kata yang tidak pantas saya ucapkan, makanya sebelum berbicara suka mikir-mikir dulu. Saya yakin ada yang pernah merasakan hal itu kan, saat marah, emosi meletup-letup. Semua kata-kata cacian/hinaan dikeluarkan, lalu setelah itu, setelah emosinya mereda ... merasa malu sendiri, "Kenapa ya tadi aku bisa ngomong kayak gitu?"



Ketika ada masalah ... ABG nih, dengan pacar misalnya, langsung update status di facebook. Entah apa maksudnya, mungkin berharap biar 'si pacar' baca, lalu sadar. Atau cuma sekedar pelampiasan emosi semata, biar plong. Yang anehnya lagi, padahal sebelumnya update status yang mesranya luar biasa. Ckckck ... lucu, dan terkadang pengen ketawa ngelihatnya. Maaf, untuk akun seperti ini, kalau gak kenal orangnya, biasanya suka saya hapus dari pertemanan. Bukannya songong, tapi bikin gak enak hati bacanya dan gak  sedap dipandang, takut kebawa atmosfernya. Hehe.

Jadi sebaiknya, ketika marah ... jauh-jauh dari seosmed, deh! Jangan sampai masalah kita jadi konsumsi publik, apalagi bagi yang sudah punya pasangan, malunya bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga pasangannya yang menjadi penyebab marahnya.


Saya sih biasanya lebih memilih untuk diam ketika marah dan memilih menjauh sumber penyebab marah. Diam adalah cara yang efektif. Ya, saya diamkan saja orangnya lalu pergi. Kalau masih ada masalah yang harus diselesaikan, nanti dibahas ketika emosinya sudah reda, secara baik-baik.

Baik dan buruknya seseorang kelihatan lo saat dia marah. Orang yang 'dewasa' dan 'sabar' akan kelihatan dari cara marahnya. So, hati-hati ya, ketika marah! *keep smile ;)

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design