Rabu, 08 Oktober 2014

Dusun Bambu, Bisnis Pariwisata yang Menjanjikan


 
Foto: Google
Siapa yang tertarik dengan wisata alam? Saya dan teman saya termasuk penikmat wisata ini. Wisata alam menjadi penawar di tengah padatnya mall-mall mewah dan elite di Kota Bandung. Adalah Dusun Bambu, tempat yang sempat saya kunjungi bersama teman saya di Bandung. 
Foto: Dok Pri
Apa itu Dusun Bambu? Kamu boleh membayangkan dusun dengan banyak bambu. Memang, serasa seperti di hutan Bambu di sini, kata teman saya. Tapi Bambu-bambu di sini tentunya bambu-bambu hias yang sudah ditata sedemikian rupa. 
Foto: Google
Awalnya, saya belum menemukan sesuatu yang istimewa dari tempat ini. Karena saya memang kurang up to date waktu itu, saya ngikut aja ketika diajak teman. Mengendarai motor melewati jalur alternatif melalui Cimahi , melewati Universitas Advent, dan Curug Cimahi, sampailah saya di lokasi ini, Dusun Bambu, yang terletak di Jalan Kolonel Masturi Lembang. Akses ke lokasi ini cukup macet pasca lebaran. 
Foto: Dok Pri
Cukup membayar Rp 10.000,-/orang untuk tiket masuk, dan Rp 5.000,- untuk parkir sepeda motor, atau Rp 10.000,- untuk parkir mobil, kami bisa menikamti wisata keluarga ini dengan sepuasnya. Waktu itu tempat parkir sudah penuh karena saking ramainya pengunjung saat libur lebaran. Setelah memarkir kendaraan kami disambut dengan pertunjukan musik dari bambu, saya lihat beberapa orang mengantri. Saya tidak kepikiran kalau mereka mengantri untuk menaiki mobil wisata yang akan mengantarkan mereka mengelilingi dusun bambu. Tentunya saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, kami juga ikutan ngantri untuk menaiki mobil free ini.
Foto: Dok Pri
Dusun Bambu cukup luas, namun tak masalah jika dinikmati dengan berjalan kaki, karena pemandanagn sekitarnya cukup indah. Benar-benar suasana pedesaan. Hijau, kolam, taman, resto, dan cottage, semuanya tertata apik.
Foto: Google
 Satu hal yang saya catat dibalik traveling saya kali ini, bisnis pariwisata seperti ini sangat menjanjikan. Dusun bambu Family Leisure Park, telah berhasil membuktikan, mengkonservasi bambu dengan konsep 6 E yaitu, Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, dan Estetika. Dan mimpi Dusun Bambu untuk menjadi ekowanawisata pertama yang berada di Jawa Barat tampaknya sudah terbukti.
Foto: Dok Pri

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design