Selasa, 13 Mei 2014

Nurul Fikri Bandung : Pengukuhan Binder 2014

Program Tutorial Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar pengukuhan Bina Kader (Binder), Sabtu (10/11/2014) hingga Minggu (11/11/2014), bertempat di Nurul Fikri Bandung. Kegiatan ini sebenarnya merupakan salah satu alur kaderisasi untuk menjadi pengurus Program Tutorial (PT) UPI. Kegiatan yang diikuti oleh beberapa Kampus Daerah (Kamda)-Serang, Cibiru, dan Sumedang ini berjalan lancar.

Kegiatan yang dimulai ba'da Subuh ini dibuka dengan pengkondisian peserta, dan dilanjutkan dengan apel pagi. Setelah apel pagi, akan ada pembekalan untuk peserta, sebelum nantinya diberangkatkan ke Nurul Fikri di Lembang ba'da Zuhur.

Ba'da Zuhur bertolaklah empat truk dari pelataran masjid Al Furqon UPI. Perjalanan yang berliku-liku ditempuh sekitar satu jam. Sesampainya di Nurul Fikri para peserta disambut dengan pemandangan yang indah.

Selepas sholat Ashar, peserta dan panitia baru turun ke bawah, menuruni lereng bukit sekitar 30 menit. Di sinilah kegiatan inti akan dilaksanakan, diapit oleh bukit-bukit indah di sekelilingnya. Sesampai di bawah masing-masing kelompok diperintahkan untuk memasak makanan hingga Magrib. Untuk sholat Magrib dilaksanakan di lapangan terbuka, di atas rerumputan yang hijau.

Setelah sholat Magrib dilanjutkan dengan materi hingga jam 22an. Dan nanti peserta akan dibangunkan lagi jam 2 dini hari. Lalu jam 3 dini hari untuk tahajud lanjut muhasabah yang menguras air mata. 

Selepas sholat Subuh akan ada senam, sarapan pagi, lalu dilanjutkan dengan outbond yang mengasyikkan. Kita naik lagi ke atas ba'da Ashar, di sini baru merasa capek naik bukit. Di atas, sebelum sholat Magrib dilaksanakan apel penutupan. Dan truk bertolak dari NF, sampai di UPI ba'da Isya.

Kegiatan pengukuhan ini tidak berbeda jauh dengan kegiatan pengukuhan lainnya, namun saya apresiasi karena di kegiatan ini batasan antara ikhwan dan akhwat sangat jelas. Apabila ada segerombolan ikhwan yang lewat di depan akhwat, maka akhwat di suruh balik kanan. Kegiatannya juga terlihat masing-masing, karena selalu dibatasi hijab. Waktu makan, rapat, bahkan outbond pun dibuat terpisah, peserta akhwat dengan panitia akhwat, dan peserta ikhwan dengan panitia ikhwan.

Hal yang menarik buat saya adalah, ukhwah islamiyahnya. Menyenangkan sekali berada di antara orang-orang sholehah nan baik dan ramah.

Saya bersyukur bisa berpatisipasi pada pengukuhan Binder tahun ini, selain saya ditempatkan sebagai panitia, saya juga memperoleh saudara-saudara yang luar biasa, rezeki yang tak terhingga dari Allah. Walaupun capek dan besoknya langsung disambut dengan UTS Matematika, tapi saya menikmatinya.

















Ngisi air pake sepatu, kreatif juga pesertanya! :D

Ayo... sedikit lagi, bolanya hampir keluar!

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design