Jumat, 02 Oktober 2015

STRATEGI DALAM MENJAWAB SOAL LISTENING DALAM TEST TOEFL




Penelitian maupun pengalaman banyak pembelajar bahasa Inggris menunjukkan bahwa listening comprehension (menyimak dan memahami) merupakan salah satu kecakapan yang paling sulit dikuasai. Tantangan makin bertambah dalam konteks tes bahasa seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin memberikan beberapa kiat untuk mendapatkan sebanyak mungkin pesan—tentunya sesuai tingkat kecakapan berbahasa masing-masing—dari sebuah wacana lisan yang umumnya hanya diperdengarkan satu kali saja.

TOEFL TEST yang terdiri dari 3 (tiga) bagian besar, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension.

Soal listening comprehension sebanyak 15 butir soal , terdiri dari :
Part I : Photographs sebanyak 3 soal
Part II : Question – Response sebanyak 4 soal
Part III : Short conversation sebanyak 4 soal
Part IV : Short talk sebanyak 4 soal

LISTENING SECTION
·         PICTURE terdiri dari 3 item soal :
    1. Location of things
    2. On going activities
    3. Describing people / event
·         QUESTION RESPONSE terdiri dari 4 item soal :
    1. Giving sugestion
    2. Preference
    3. Invitation
    4. Giving direction
·         SHORT DIALOGUE/SHORT CONVERSATION terdiri dari 4 item soal :
  1. Introduction
  2. Daily activities
  3. Planning
  4. Degrees of comparation
·         SHORT TALKS terdiri dari 4 item soal :
   1. Monologe radio commercial
   2. Announcement

MATERI SOAL :
    1. Greeting , mampu memilih salam sesuai dengan waktu dan keperluan
    2. Introduction, memperkenalkan diri / memperkenalkan orang lain
    3. Describing, mendiskripsikan benda, orang, situasi, proses
    4.  Degree of comparasion, membandingkan dua atau lebih benda, orang atau situasi
   5. Guest handling, penanganan tamu / pelanggan secara langsung atau lewat telepon
   6. Imperative, kalimat perintah, larangan, permintaan, arahan
   7. Offering, menawarkan suatu produk pada pambeli/ pelanggan
   8. Agreeing, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan dan responnya
   9. Ordering, pemesanan terhadap suatu barang atau jasa
   10. Giving suggestion, opinion and advice, memberi saran, pendapat dan nasehat, menerima   
         dan menolak saran, pendapat dan nasehat
   11. Ability, kemampuan
   12. Permision, meminta ijin dan responnya
   13. Possibility, kemungkinan
   14. Necessity, keharusan
   15. Thank giving, ucapan terima kasih
   16. Invition, menyampaikan undangan
   17. Congretulation, memberi ucapan selamat dan balasannya
   18. Present / past continouos , bentuk sedang berlangsung
   19. Simple present tense, kegiatan sehari–hari
   20. Present / past perfect tense, kegiatan yang masih berlangsung
   21. Future tense, yang akan datang
   22. Simple past tense, berulang di waktu lampau
   23. Conditional clause, kalimat pengandaian
   24. Relative Pronoun, kata ganti sambung

PART-I : PICTURES
Pada bagian pertama dari Listening, anda akan melihat foto-foto dan kemudian diminta untuk memilih kalimat yang paling menggambarkan gambar. Untuk menjawab soal ini dengan baik adalah dengan memperhatikan gambar-gambar secara teliti. Perhatikan gambar pada saat ‘direction’ sedang diperdengarkan (karena petunjuk soal setiap tahun selalu sama). Sehingga pada saat soal diputar, anda sudah siap. Tanyakan kepada diri sendiri, gambar itu tentang siapa, apa, dimana atau kenapa.
Dalam bagian ini, terdapat 3 soal gambar hitam putih yang melukiskan fakta sehari hari. Satu atau dua gambar memperlihatkan kegiatan orang dan yang lain berupa objek benda. Kemudian anda akan diperdengarkan empat pernyataan ( a, b, c dan d )untuk masing masing gambar dan anda diminta memilih pernyataan yang paling akurat menggambarkan isi gambar tersebut. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah melihat dan mencermati masing masing gambar, sehingga ketika dibacakan kalimat – kalimat masing – masing soal anda sudah punya modal pemahaman terhadap setiap gambar .

Keterampilan yang diperlukan pada bagian ini adalah :
  1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan gambar dengan cepat.
  2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan membandingkan dengan apa yang dilihat
      dalam gambar.
  3. Kemampuan membedakan antara kata kata dengan bunyi – bunyi yang hampir sama.

Taktik yang diperlukan :
1.      Selalu menandai jawaban anda secepat anda dapat sehingga anda segera dapat melihat gambar berikutnya.  Anda tidak harus menunggu pembaca soal ( speaker ) untuk melihat gambar berikutnya.
2.      Jika anda melihat gambar suatu benda, tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
Ini benda apa ?
Di mana biasanya benda ini ada / dilihat ?
Benda tersebut terbuat dari apa ?
3.      Jika anda melihat kegiatan orang , tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
Apa yang sedang mereka lakukan ?
Apa yang mereka pakai ?
Di mana mereka melakukan kegiatan tersebut ?
Bagaimana ekspresi wajahnya ?
Jika terdapat lebih dari satu orang, apa yang membedakan mereka ?
 Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?
 Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi sementara yang lain tidak ?
 Apakah dia laki – laki atau perempuan ?
4.      Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai dibaca semua. Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A, jika anda pikir itu jawaban yang paling tepat. Lakukan hal yang sama untuk ( B ), C), atau ( D ). Jika anda berubah pikiran setelah mendengar lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil  anda ke jawaban pengganti. Kemudian setelah anda mendengar keempat kalimat, hitamkan jawaban di mana ujung pensil anda berada. Teknik ini menghindarkan anda dari kelupaan pada jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
5.      Cobalah untuk mengurangi kemungkinan jawaban salah dengan teknik pembeda bunyi (sound confusion) dan pembeda makna. Beberapa kalimat sama sekali tak ada kaitannya dengan gambar.
6.      Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.
7.      Jangan terpancang memandangi photo terlalu lama, walau gambarnya seorang gadis yang sangat cantik, atau pria yang berwajah tampan, setelah menemukan jawaban yang benar segera pindah ke gambar pada soal berikutnya.


PART-II : QUESTION – RESPONSE
Pada listening bagian ke-2 anda akan mendengarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu respon yang paling tepat untuk pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang bunyinya mirip dengan kata di pertanyaan.
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?
Perhatikan kata tanya di awal kalimat (WH question; who, what, when, where, why, what, How, dll.) Waspadai pula penggunaan ‘question tags’
Jika anda ragu-ragu, pilih saja respon/ jawaban yang anda rasa paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut. Yang terpenting jangan sampai lembar jawaban anda kosong.

PART-III : SHORT CONVERSATION
Pada bagian ketiga, anda akan mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan tentang dialog tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori jangka pendek dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk mewaspadai:
Kesamaan bunyi kata-kata pada jawaban dengan yang ada pada dialog
Kata negatif (don’t, hardly, won’t, dll.)
Kata-kata yang terkait dengan waktu (always, seldom, dll)
Cobalah membaca pertanyaan, dan bahkan mungkin jawaban, sebelum anda mendengar dialog. Periksa semua pilihan dan jangan memilih terlalu cepat.

Pada bagian ini, dibacakan pertanyaan dan diikuti tiga pilihan jawaban.
Pertanyaan maupun jawaban tidak ditulis dalam soal.
Jadi tidak ada sesuatu dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya.
Maka ketika mengerjakan bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah ( speaker ) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua ( bisa laki – laki atau perempuan ) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga ( laki laki ) membacakan pilihan jawabannya.
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini :
1.      Kemampuan membedakan jenis – jenis pertanyaan secara lisan (information question, yes no question, alternative question, suggestion offers dan lain – lain). Kemampuan mengenal respon sesuai dengan tipe pertanyaannya.
2.      Kemampuan membedakan kata-kata yang bunyinya hampir sama. Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini.
3.      Cobalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan. Respon yang benar biasanya tergantung pada jenis pertanyaan yang ditanyakan. Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai dibaca semua.
4.      Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.


PART-IV : SHORT TALKS
Dalam bagian keempat, anda akan mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal itu. Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam bagian sebelumnya, tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam menyimak detail information dan memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum monolog diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana, jangan tertinggal atau kehilangan informasi penting yang terkait dengan pertanyaan berikutnya.

Dalam bagian ini akan disajikan beberapa short talk atau monolog ( pembicaraan pendek) secara monolog. Setiap short talk diikuti dua atau tiga pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang anda dengar. Short talk atau monolog ini dapat berupa advertisment ( iklan ), announcement ( pengumuman ), telepon massage, briffing di tempat kerja dan sebagainya.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1.      Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal soal yang bersangkutan dengan short talk tersebut dan keempat pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan monolog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa yang akan ditanyakan .
2.      Setiap monolog akan dibacakan dua kali, usahakan anda dapat menjawab pada saat monolog selesai dibaca yang pertama, sehingga ketika monolog dibaca untuk yang kedua kalinya, anda bisa membaca pertanyaan soal untuk monolog berikutnya beserta keempat pilihan jawabannya. Begitu seterusnya.
3.      Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan, apakah , what, who, when, why, where, how, how long dll. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa memfokuskan dalam mencari informasi dari monolog tersebut.
4.      Cobalah untuk membayangkan, setting dari monolog tersebut. Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu analisa mengenai siapa yang sedang berbicara, di mana monolog itu dibacakan, untuk siapa monolog itu ditujukan dan untuk keperluan apa.
5.      Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang benar, berspekulasilah.

Bagi sebagian besar orang, listening adalah bagian tersulit ketika menjalani tes TOEFL. Saya pun termasuk didalamnya. Berkali-kali mengikuti tes ini dan selalu mendapat point terendah dibandingkan bagian lainnya. Nah, kali ini saya akan mencoba merangkum strategi yang baru saja saya pelajari tentang bagaimana menjawab bagian listening dengan baik.
1.      Bacalah pilihan jawaban sebelum mendengarkan percakapan atau sebelum percakapan dimulai. Dengan membaca pilihan jawaban akan membantu kita lebih memahami isi percakapan.
2.      Dengarkanlah barisan pertama dari percakapan dengan hati-hati. Barisan pertama dari percakapan sering berisi main idea, subject atau topic dari percakapan. Pertanyaan tentang main idea, subject and topic sering sekali di tanyakan di Listening Part B.
3.      Ketika telinga kita mendengarkan percakapan, pada saat yang bersamaan mata kita harus melihat pilihan jawaban di buku tes dan cobalan untuk menentukan jawaban yang benar. Pertanyaan yang di berikan biasanya diberikan secara berurutan didalam percakapan. Jawaban pertanyaan nomor 1 biasanya di temukan di awal percakapan, jawaban pertanyaan nomor 2 & 3 biasanya ada di tengah percakapan dan pertanyaan nomor 4 biasanya ada di akhir percakapan.
4.      Kalau kita tidak yakin dengan jawaban, kita harus menebak jawabannya. Jangan pernah mengosongkan jawaban, tapi semua harus dijawab. Jawaban salah tidak akan mengurangi score karena di TOEFL Test, hanya jawaban yang benar yang dihitung.
5.      Kalau masih ada waktu setelah menjawab pertanyaan, bacalah kembali pilihan jawaban untuk soal selanjutnya. Interval waktu untuk setiap soal sekitar 8-12 detik, jadi gunakan waktu tersisa untuk membaca pilihan jawaban.
6.      Biasanya jawaban pertanyaan sering ditemukan di suara kedua di percakapan singkat. Sehingga fokuslah pada suara kedua.
7.      Biasanya struktur percakapannya di awal mudah dan akan cukup sulit di akhir sesi.
8.      Jangan pernah mengosongkan jawaban. Bahkan jika Anda tidak yakin atau tidak mengerti sama sekalipun, tebak saja. Sebab tidak ada pengurangan nilai bila anda salah.
9.      Gunakan waktu yang tersisa ketika telah selesai menjawab satu pertanyaan, untuk melihat opsi jawaban di pertanyaan berikutnya. Jadi bisa mempermudah anda untuk hanya fokus pada percakapannya saja.
10.  Jika Anda mengerti sedikit ide percakapan tersebut, pilih jawaban yang mengandung pernyataan sebagaimana ide yang Anda ketahui.
11.  Jika Anda tidak mengerti percakapan tersebut, pilihlah jawaban yang berbeda dari apa yang anda dengarkan. Karena biasanya itu yang menjadi jebakan bagi untuk memilih jawaban yang salah. Contoh seperti Apartement dengan appointment, atau search dengan research dan church.
12.  Bila Anda tahu persis kata yang digunakan namun tidak ditemukan di opsi-opsi yang ada maka carilah sinonim dari kata tersebut.
13.  Kita harus terbiasa dengan petunjuk tes/test direction. Direction atau petunjuk untuk setiap Tes TOEFL dimanapun pasti sama. Jadi pada saat kita mengerjakan bagian Listening Comprehension, kalian tidak perlu selalu mendengarkan direction atau petunjuk yang dibacakan oleh narrator. Untuk itu kita harus sudah memahami dan akrab dengan  petunjuk tes sebelum melaksanakan Tes TOEFL.
14.  Dengarkanlah percakapan dan pidato dengan seksama dan hati-hati. Kita harus sepenuhnya berkonsentrasi terhadap apa yang sedang diperbincangkan karena percakapan dan pidato hanya di perdengarkan sekali saja.
15.  Mengetahui dimana pertanyaan yang mudah dan sulit biasanya di temukan. Di Listening Comprehension, pertanyaan biasanya diberikan mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit.
16.  Jangan pernah mengosongkan jawaban di lembar jawaban. Bahkan jika kita tidak yakin dengan jawaban kita, kita harus tetap menjawabnya karena idak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah.
17.  Gunakan waktu yang tersisa untuk membaca soal selanjutnya. Ketika kita selesai menjawab pertanyaan dan masih memiliki sisa waktu, usahakan membaca dan melihat pilihan jawaban untuk pertanyaan selanjutnya.

Sumber : google

 

Sumber: http://blogmegaadhasha.blogspot.co.id/2013/04/strategi-dalam-menjawab-soal-listening.html

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design