Senin, 22 Mei 2017

Catatan Hati Guru #5

Siang itu Dera memghampiriku, "Bu Guru, tolong bukain." Katanya sambil menyodorkan botol minumannya. Aku tersenyum, akhirnya anak ini mau menggunakan kata 'tolong'. Biasanya ia hanya mengatakan, "Bukain!" Ketika memintaku untuk membantunya membuka tutup botol minumnya.
Ada perasaan membuncah dalam dalam diri ini. Aku bahagia! Tidak berlebihan, sebab rasanya aku sudah berhasil menerapkan apa yang selama ini aku usahakan. Walaupun kelihatannya biasa saja, tapi bagiku ini adalah hal yang luar biasa.
Aku selalu mengingatkannya ketika lupa mengucapkan kata tolong, bahkan pertama kali aku membantunya untuk mengeja kalimat itu. "I-bu Gu-ru to-long bu-ka-in bo-tol mi-num-nya!" Dan ketika Dia sudah mengucapkannya, aku baru mulai membantunya. Begitu selalu.
Memang, untuk menerapkan kebiasaannya yang baik pada anak kita tak boleh bosan.

2 komentar:

Triani Retno A mengatakan...

Ikut seneeeeng lihat anak kecil begitu. Memang mesti dibiasakan sejak dini ya ngucapin "tolong". Semoga makin banyak anak yang santun :)

Nelvianti mengatakan...

Mudah-mudahan ya Teh, Alhamdulillah ... 😊

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design