Sabtu, 27 Mei 2017

Mail

Mail. Sepupu aku yang lucu. Bocah kecil kelas 2 SD, yang selalu membuat aku tertawa. Ada-ada saja bincangnya. Sejak kelas 1 SD dia sudah mulai puasa katanya, dan puasanya sering sampai sore. Padahal aku tau itu hanya bualan anak kecil. 
Malam tadi dia semangat mau puasa, minta dibangunin sahur. Akhirnya ikut sahur, walaupun agak bertingkah. Abis sahur tidur. Bangun-bangun pukul 8-an, gak beberapa lama setelah itu, kira-kira pukul 10 / 11-an ... tiba-tiba minta puasanya dibatalin.
"Kak, mau lepasin (batalin) puasa. Boleh?"
Akhirnya dia makan nasi goreng tu sama aku. Kebetulan puasa aku juga udah batal. Padahal abis mandi wajib sebelum sahur, tapi tu tamu datang lagi. Sedikit. Hehe

"Kakak gak puasa?" Kata Mail.
"Enggak."
"Kenapa?"
"Gak boleh. Dilarang sama Allah."
"Brarti kalau gitu, Buyung juga gak boleh (puasa)." Buyung adalah Kakaknya kelas 3 SMA.
"Buyung kan laki-laki. Kakak perempuan."
"Gak boleh, gak boleh itu. Itu tidak adil. Kalau Islam itu ya ngikutin ajaran Islam."
Haha ... Mail belum ngerti kalau perempuan itu ada masa menatruasi dan kalau lagi menstruasi gak boleh puasa.

Trus ... aku beres-beres buku. Mail ngelihat buku "Jurus Kuliah ke Luar Negeri". Dia nanya, "Kakak mau kuliah ke luar negeri?" 
"Iya, Insha Allah. Dedek doain ya."

Lagi, dia bercerita. "Aku mau pindah sekolah."
"Yuk, pindah ke sekolah Kakak." Maksudnya pindah ke sekolah tempat aku ngajar.
Trus Mail nanya, "memangnya Kakak punya sekolah?"
"Insha Allah 5 tahun lagi kita bangun sekolah ya. Dedek doa aja dulu."

#cerita Ramadhan 
Batujajar, 27 Mei 2017

2 komentar:

Triani Retno A mengatakan...

Semoga tercapai rencana membangun sekolah. Aamiiin.

Nelvianti mengatakan...

Aamiin Ya Allah. Makasi teh doanya 🙏

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design