Senin, 04 September 2017

#Catatan Hati Guru #7:Anak Itu Melihat Malaikat Ketika Sholawat Bersama--sama di Kelas

Ini kisah nyata dari partner saya. Saya tidak tahu persis kejadiannya kapan, saya juga baru mendengar certa beliau tadi, saat beliau memotivasi anak murid. Saya kaget terkesima mendengarnya, tidak menyangka bahwa hal itu benar-benar ada.

***

Suasana siang itu cukup terik. Dan kelas ini cukup terang karena dikelilingi banyak kaca. Ini adalah kelas satu SD, atau kami biasa menyebutnya dengan level 1. Tak banyak murid di kelas ini, hanya sekitar dua puluhan orang. Kebiasaan anak-anak di kelas ini adalah bersholawat sebelum sholat dzuhur berjama'ah sambil menunggu yang lain selesai berwudhu.

Siang itu, seperti biasa, anak-anak satu-persatu masuk kelas setelah berwudhu. Mereka langsung menggelar sajadah dan duduk bershalawatan, yang baru datang menyesuaikan membentuk beberapa shaf. Alunan sholawat semakin lama semakin lantang, seiring dengan banyaknya anak yang datang. 

Tiba-tiba seorang anak perempuan dari shaf belakang berdiri menghampiriku, "Miss ... Miss ...." Katanya seraya memelukku. Wajahnya tampak ketakutan. Ku tanya, "Ada apa?" dengan suara lembut. "Miss ... mataku aku silau Miss, di ruangan ini banyak sekali cahaya. Cahayanya putih berkilau Miss."
"Dimana?"
"Di situ, di situ, dan di situ Miss." Ia menunjuk hampir seluruh ruangan.
"Apa kamu melihat ada sosok yang datang?"
Aku langsung bertanya seperti ini, karena beberapa waktu yang lalu Ibunya pernah bercerita bahwa anaknya 'spesial'nya. Anaknya mampu melihat hal-hal gaib yang orang awam tidak bisa lihat. Bisa dikatakan anak ini 'indigo'. Hampir seluruh keluarga mampu melihat hal-hal gaib ini. Jadi Ibu itu berpesan, kalau anaknya bercerita yang aneh-aneh ... tolong didengarkan.
"Tidak, Miss." Jawab anak itu kemudian.
"Kalau begitu tidak usah takut." Pintaku menenangkan.
Seketik aku teringat suatu hadist.

"Hadist Yang diriwayatkan oleh Muslim.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم خُلِقَتِ المَلٰئِكَةُ مِنْ نُوْرِ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجِ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ اٰدَمَ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ
Artinya: “Dari Aisyah berkata: Rasulullah saw bersabda,”Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari Sesutu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.”

Ilustrasi: Google






Wallahu'alam ... Semoga kita dapat mengambil ibroh dari tulisan ini.

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design