Senin, 08 September 2014

Susahnya Mencari Carger Laptop Dell Inspiron 1440

Beberapa waktu lalu, tepatnya sehari setelah lebaran, charger laptop saya rusak. Laptop saya Dell Inspiron 1440. Chargernya rusak, awalnya karena jatuh dari tempat tinggi. Saya menaruh charger laptop di atas lemari, karena terburu-buru chargernyanya gak sengaja saya senggol dan jatuh. Adaptornya berbunyi keras setelah menghantam lantai. Setelah jatuh, tidak bisa dipakai lagi. Saya colokan, tapi lampu indikasinya gak nyala. Saya bingung.

Beberapa saat kemudian saya coba lagi, tapi tetap tidak bisa. Gimana ini? saya jadi kepikiran nyeleneh, apa saya jatuhin lagi chargernya biar nyala lagi? Kayak orang amnesia ketabrak mobil, ditabrak lagi ingatannya jadi kembali.

Ternyata benar, setelah cargernya saya benturin lagi, nyala. Saya tidak tahu apakah ini hanya kebetulan atau tidak, tapi yang jelasnya saya senang, charger laptop saya sudah sembuh. Niat untuk membeli charger baru diurungkan. Namun ini gak bertaan lama, jika chargernya saya cabut, dan dicolokin lagi, gak nyala lagi. Waduh, kok bisa gini? Alhasil, chargernya gak pernah saya cabut dari stop kontak, karena takut gak bisa nyala lagi kalau dicabut.

Sepertinya charger saya ‘ambek-ambekan’. Untuk mengantisipasi, saya coba nanya-nanya charger laptop baru di Cimahi Mall, Bandung. Sayang, gak ada yang jualan. Setelah itu saya gak nyari-nyari charger lagi. Saya pulang ke Serang.

Di Serang masih sama, charger saya kadang bisa dipakai, kadang enggak. Charger saya jadi sensitif, jika digeser dikit aja adaptornya, lampunya langsung mati dan gak bisa dipakai lagi chargernya. Akhirnya saya bosan! Saya coba searching di google, barangkali ada yang jualan charger Laptop Dell Inspiron 1440. Gak terlalu banyak referensi, cuma ada 2 tempat, 1 di Jogja, dan 1 di Bandung. Itupun mau gak mau beli online, walaupun saya gak yakin beli barang elektronik online, saya tetap menghubungi nomor yang tertera di situ, sekedar nyari informasi.  Setelah saya hubungi nomor dua orang yang jual tersebut, ternyata gak ada balasan. Saya  searching lagi, perbedaan charger ori dan yang tidak ori. Katanya, kalau charger ori terasa berat, kalau diketuk bunyinya padat, dan tulisan barcodenya jelas.

Setelah puas mencari informasi di dunia maya, akhirnya saya datangi beberapa toko komputer yang ada di wilayah Serang. Toko pertama saya tanya, gak ada charger laptop Dell Mbak, katanya. Saya disarankan untuk mencari ke toko lain, masih sama, jawabannnya juga gak jualan charger laptop Dell. Saya disarankan lagi ke toko berikutnya. Kali ini saya ke tempat service dulu. Saya tanya-tanya lagi.

“Jangankan yang orinya Mbak, yang KWnya aja susah nyarinya. Kalau mau, pesan dulu, belinya di Jakarta.” Kata Mas-mas tukang servicenya.

“Kira-kira arganya berapa ya, Mas?”

“Rp 150.000, buat yang KW 1. Tapi kita kalau beli, gak di tempat resminya Mbak, ya…nyari-nyari aja toko komputer yang gede. Mbak juga bisa searching di google toko yang jualan charger di Jakarta.”

“Oh… gitu ya Mas.”

“Kenapa, gak Mbak nyoba aja service chargernya dulu? Kan kalau beli yang KW, belum tentu tahan lama.” Lagian saya juga gak mau beli yang KW.

“Emang bisa Mas?”

“Ya, kita coba dulu. Kalau bisa Mbak cuma bayar 75ribu kok.”

“Ya udah deh Mas, saya service aja dulu.”

“Oke Mbak, 3 hari lagi saya kabarin.”

Benar-benar susah ya, nyari charger laptop Dell. Yang lain mah gampang-gampang aja, ini karena bentuk carger laptop Dell segi delapan.

Masih belum puas, saya tanyain 4 toko lagi, sembari menunggu charger saya selesai diservice. Jawabannya masih sama, gak ada! Pakai carger lain yang voltnya sama juga gak bisa, karena bentuk chargernya yang beda sendiri, segi delapan, gak bulat. Sekarang saya masi menunggu, apakah charger laptop saya bisa diservice atau tidak!

Kemana lagi harus saya cari? rasanya sudah semua toko komputer di kota Serang  saya jelajahi. Apa yang membuat charger laptop Dell Inspiron 1440 susah dicari? Apa yang harus saya lakukan, jika charger saya tidak bisa diservice? Adakah yang tahu tempat resmi penjualan charger Dell di Jakarta?

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design