Minggu, 02 Desember 2018

Serba-Serbi Cara Membuat Media Pembelajaran yang Menarik

Pertama, saya ingin mengucapakan Selamat Hari Guru di tahun 2018 ini untuk guru-guru di seluruh Indonesia, terutama guru-guru saya semasa saya sekolah dan tentunya untuk saya sendiri (yang tidak menyangka) sudah menjadi guru.

Hari Guru Nasional 2018 ini mengingatkan saya pada peringatan hari guru 2017 lalu dimana saat itu saya dan salah seorang rekan guru berkesempatan mengikuti Lomba Cipta Media Pembelajaran Board Game yang dihelat oleh Komunitas Media Pembelajaran (Komed). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan hari guru nasional yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Jawa Barat.

Teknis lomba, kita diminta membuat media pembelajaran board game di tempat dalam waktu yang sudah ditentukan.  Adapun media pembelajaran board game yang saya dan tim cipatakan dalam lomba ini adalah 'Hungry Crocodile.'

Hungry Crocodile
Hungry Crocodile ini adalah nama media pembelajarannya. Media pembelajaran ini digunakan pada mata pelajaran Matematika, materi 'Perbandingan' kelas 1 SD dengan indikator membandingkan banyak benda. 

doc.pri

Mulut buaya yang menganga pada media pembelajaran ini ibaratnya adalah lambang < (kecil) atau > (besar) pada matematika. Sambil bercerita anak akan diminta untuk menggerakkan buaya ke ikan yang jumlahnya lebih banyak. 

Pada lomba tersebut, Hungry Crocrodile belum berkesemoatan menjadi juara. Ternyata ada beberapa kekurangan dari media pembelajaran yang dibuat oleh peserta menurut dewan juri, sehingga di akhir lomba dewan juri memberikan beberapa tips dalam menciptakan media pembelajaran board game, yaitu:
1. Tantangan dalam game harus disesuaikan dengan sasaran (peserta didik, SD, SMP, atau SMA).
2. Fokus pada materi pembelajaran.
3. Board game harus berukuran besar sehingga bisa dimainkan oleh banyak orang.
3. Nama board game harus menarik dan ada korelasi dengan materi.
4. Board game harus tahan sehingga bisa dipakai berkali-kali.
5. Media pembelajaran board game sebagai alat, tidak hanya sekedar alat evaluasi untuk tanya jawab, jadi harus ada permainan yang dimainkan di dalamnya.

Begitulah beberapa tips yang teman-teman dapat aplikasikan dalam pembuatan media pembelajaran board game. Berikut saya lampirkan beberapa foto media pembelajaran dari peserta lain.

doc.pri

doc.pri

doc.pri

doc.pri

0 komentar:

 

Pedagogik Template by Ipietoon Cute Blog Design